PENYULUHAN BERMAIN TERAPEUTIK PADA ANAK DI RUMAH PADA MASA PANDEMI COVID – 19 DI WILAYAH RT 07 RW III KELURAHAN NGIJO KECAMATAN GUNUNG PATI SEMARANG

Authors

  • Erni Suprapti Akper Kesdam IV/ Diponegoro Semarang
  • Diana Dayaningsih Akper Kesdam IV/ Diponegoro Semarang
  • Afifah Kurniawati Akper Kesdam IV/ Diponegoro Semarang
  • Afifah Muslim Akper Kesdam IV/ Diponegoro Semarang
  • Afriza Prima S Akper Kesdam IV/ Diponegoro Semarang
  • Abu Kholid Akper Kesdam IV/ Diponegoro Semarang
  • Ayatulloh Boy Adam Akper Kesdam IV/ Diponegoro Semarang

DOI:

https://doi.org/10.55606/pkmsisthana.v3i1.38

Keywords:

Penyuluhan, pandemi covid-19, bermain therapeutik

Abstract

Pandemi covid-19 memaksa anak-anak untuk stay di rumah untuk menghindari penularan. Hal ini membuat anak menjadi bosan dan jenuh yang berakibat stress pada anak. Orang tua memiliki peranan penting dalam mendampingi anak-anak selama di rumah. Peran orang tua di masa Covid-19 adalah sebagai pembimbing, pendidik, penjaga, pengembang, dan pengawas bagi anak-anak. Peran yang selama ini dilaksanakan di satuan pendidikan beralih fungsi di satuan keluarga.  Salah  satu  peran  khusus  yang  harus dilakukan orang tua adalah bermain bersama anak. Bermain merupakan kebutuhan dasar anak dan menjadi momen yang penting bagi perkembangan anak. Bermain terapeutik bertujuan untuk meningkatkan kesehatan emosi pada anak. Melalui bermain terapuetik seorang anak dapat mengekspresikan perasaan emosi dan membantu anak mengurangi ketakutannya. Peran orang tua menjadi lebih besar dalam mendampingi anak bermain selama di rumah. Perawat anak memiliki tanggung jawab dalam mempersiapkan orang tua mendampingi anak secara maksimal untuk mencapai pertumbuhan dan perkembangan yang optimal. Tim pengabdian masyarakat Akper Kesdam IV/Diponegoro berupaya untuk memberikan edukasi tentang bermain therapeutik pada anak selama masa pandemi covid-19 yang sasarannya adalah ibu-ibu yang mempunyai anak Balita. Hal ini dilakukan berdasarkan Analisa munculnya permasalahan pada anak-anak yang merasa bosan dan jenuh dan berakibat stress pada anak dan kebingungan ibu dalam memberikan permainan yang tepat untuk anak selama masa pandemi covid ini. Edukasi yang diberikan melalui penyuluhan dengan memberikan pengetahuan tentang permainan yang dapat diberikan kepada anak selama masa pandemi covid-19. Koordinasi dilakukan dengan berbagai pihak terkait sehingga pelaksanaan penyuluhan berjalan dengan lancar. Dikarenakan masa pandemic covid-19, dimana tidak diperbolehkan untuk berkumpul dengan jumlah orang yang banyak, maka penyuluhan diberikan lewat zoom meeting. Hasil dari penyuluhan  ini  ibu-ibu  merasa  puas  dan  senang mendapatkan pengetahuan  tentang bermain therapeutik untuk anak selama masa pandemic covid-19 dan semuanya mempraktekkan ilmu pengetahuan yang sudah diberikan. Anak-anak juga merasa senang dan stress pada anak berkurang.

 

 

 

References

American Academy of Pediatrics. (2020). AAP Media Plan. Retrieved June 22, 2020, from Healty Children website: https://www.healthychildren.org/English/media/Pages/default.aspx
Brooks, S. K., Webster, R. K., Smith, L. E., Woodland, L., Wessely, S., Greenberg, N.,
& Rubin, G. J. (2020). The psychological impact of quarantine and how to reduce it: Rapid review of the evidence. The Lancet, 395(10227), 912–920. https://doi.org/10.1016/S0140-6736(20)30460-8
Hockenberry, M. J., & Wilson, D. (2013). Wong’s essential of pediatric nursing (9th ed.). St. Louis: Mosby Inc.
Kulman, R. (2020). How much time should kids spend playing video games during
COVID-19? Retrieved June 22, 2020, from Psychology
Today website: https://www.psychologytoday.com/us/blog/screen-play/202004/how-much-time- should- kids-spend-playing-video-games-during-covid-19
Kurniati, E., Alfaeni, D. K. N., & Andriani, F. (2020). Peran orang tua dalam mendampingi anak di masa Covid-19. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 241–256. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.541
South Africa Play Therapy International. (2013). A Definition of Therapeutic Play. Retrieved June 22, 2020, from South Africa Play Therapy International website: http://www.saplaytherapyinternational.org.za/therapeuticplaydefinition1.html
Sprang, G., & Silman, M. (2013). Posttraumatic stress disorder in parents and youth after health- related disasters. Disaster Medicine and Public Health Preparedness,
7(1), 105–110. https://doi.org/10.1017/dmp.2013.22
Subarto. (2020). Momentum keluarga mengembangkan kemampuan belajar peserta didik.
ADALAH Buletin Hukum & Keadilan, 4, 13–18.
Wang, G., Zhang, Y., Zhao, J., Zhang, J., & Jiang, F. (2020). Mitigate the effects of home confinement on children during the COVID-19 outbreak. The Lancet, 395(10228),
945–947. https://doi.org/10.1016/S0140-6736(20)30547-X

Downloads

Published

2021-06-01

How to Cite

Erni Suprapti, Diana Dayaningsih, Afifah Kurniawati, Afifah Muslim, Afriza Prima S, Abu Kholid, & Ayatulloh Boy Adam. (2021). PENYULUHAN BERMAIN TERAPEUTIK PADA ANAK DI RUMAH PADA MASA PANDEMI COVID – 19 DI WILAYAH RT 07 RW III KELURAHAN NGIJO KECAMATAN GUNUNG PATI SEMARANG. JURNAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT SISTHANA, 3(1), 16–20. https://doi.org/10.55606/pkmsisthana.v3i1.38

Most read articles by the same author(s)