Pengaruh Guided Imagery Terhadap Tingkat Stres Siswa Belajar Daring di SMP Laikit
The Effect of Guided Imagery on Students in Online Learning in Junior High Scool Laikit
DOI:
https://doi.org/10.55606/sisthana.v6i1.87Keywords:
Guided Imagery, Tingkat stres , DaringAbstract
Pandemi Covid-19 memberikan tantangan dalam lembaga pendidikan Indonesia. Pemerintah menerapkan kebijakan pembatasan berskala besar. Masyarakat diharuskan beraktivitas dirumah. Peraturan membuat siswa stres dikarenakan keterbatasan jaringan, kuota dan banyak tugas. Tujuan dari penelitian untuk mengetahui pengaruh guided imagery terhadap tingkat stres siswa kelas 8 dalam pembelajaran daring di SMP Katolik Laikit. Desain penelitian menggunakan quasy experiment pre-post test. Sampel penelitian ini berjumlah 10 responden. Data diolah menggunakan SPSS 16 dan di analisa menggunakan uji Wilcoxon. Hasil didapatkan usia terbanyak ada 4 responden yaitu 13 tahun dan jenis kelamin terbanyak ada 8 responden yaitu laki-laki. Didapatkan P Value = 0.023 (0.05), maka Ha diterima dan Ho ditolak. Kesimpulan diambil adalah terdapat pengaruh dalam pemberian teknik guided imagery terhadap tingkat stres siswa kelas 8 dalam pembelajaran daring di SMP Katolik Laikit. Diharapkan dapat meningkatkan tingkat pengetahuan dalam melakukan teknik relaksasi untuk menurunkan stres.
References
Huth, Kuiken, & Broome. (2017). Playing In The Park: What School Agee Children Tell Us About Imagery. Journal Of Pediatric Nursing. Vol 21 No 2.
Kaplan & Sadock. (2010). Sinopsis Psikiatri Ilmu Pengetahuan Perilaku Klinis. Tanggerang: Bina Rupa Ashara Publisher.
Masulili, F. (2014). Pengaruh Imajinasi Terbimbing. Diakses 24 Mei 2021,dari http://ners.fkep.unand.ac.id.
Mufadhal, dkk (2020). Stres Akademik Akibat Covid 19. Diakses pada tanggal 24 Mei 2021, dari http://scholar.google .go.id/stres- akademik-akibat-covid-19/html.
Pakpahan&Fitriani,2020.KelebihanPembelajaranDaringDiakses pada9juni2021,dari http://journal.stmikjayakarta.ac.i d/index.php/jisamar/articel/
Smeltzer, S, C. & Bare, B, G. (2017). Buku Ajar Medikal Beda Edisi 8 Volume 2. Jakarta: EGC
Snyder, M. & Linquist, R. (2015).
Complementary/alternative therapies in nursing. New York : Springer publishing Company.
Utami. (2020). Pendahuluan : Latar Belakang Masalah Penyebaran Pandemi Virus Covid 19. Diakses pada 27 Mei 2021, dari http://repo.undiksha.ac.id
Adityo, S., Martin, R., herikurniawan. Robert. S., Firda, A., Edwin, W., & Evy. Y. (2020).
Coronavirus Disease 2019.
Diakses pada 23 Mei 2021, dari http://jurnalpenyakitdalam.ui.a c.id/indeks.php/jpdi/article/do wnload/415/228).
Barseli, M.,Ifdil I & Ahmad, R. (2020). Jurnal Penelitian Guru Indonesia: Stress Akademik Akibat Covid-19. Doi:https://doi.org/10.29210/0 2733jpgi0005. Diakses pada
24 mei 2021, dari http://scholar.google.id/stres- akademik-akibat-covid-19.
Mushlihin, I. (2012). Pengertian Murid. Diakses dari web http://www.referensimakalah. com/pengertian-murid/html//
Nazir, A & Munith A. (2011). Dasar- dasar Keperawatan Jiwa, Pengantar dan Teori. Jakarta : Salemba Medika.
Nuraini, T & Alamdani, B, L, M. (2016). Stres Sedang dan Strategi Koping Adaptif yang Dialami Pelaku Rawat Informal Dalam Perawatan Paliatif. Doi: pISSN 1410- 4490, eISSN 2354-920.