PENERAPAN TERAPI MUSIK DALAM MENURUNKAN KECEMASAN REMAJA PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI KELUARGA WILAYAH BINAAN PUSKESMAS PEGANDAN SEMARANG
DOI:
https://doi.org/10.55606/sisthana.v7i2.122Keywords:
TERAPI MUSIK, KECEMASAN REMAJA, MASA PANDEMI COVID-19Abstract
Masa remaja merupakan usia rentan karena remaja memiliki rasa ingin tahu yang tinggi dan memiliki banyak idealisme, sehingga banyak remaja mengalami kecemasan dan kegelisahan yang cukup tinggi. Pandemi Covid-19 dapat menjadi stresor baru bagi remaja karena dituntut untuk beradaptasi dengan permasalahan baru yang belum pernah mereka hadapi sebelumnya. Terapi musik merupakan salah satu intervensi keperawatan yang bermanfaat untuk relaksasi sehingga kecemasan dapat menurun. Jenis penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan studi kasus. Subjek yang dipakai dalam studi kasus ini berjumlah 2 orang dengan kriteria remaja usia 10-19 tahun, mengalami kecemasan sedang (10-14), serta dapat mendengar dengan baik. Instrumen yang digunakan adalah kuesioner DASS 42, musik klasik dan pop, serta headphone. Terapi musik dilakukan selama 20 menit dalam 6 kali pertemuan. Hasil yang didapatkan setelah terapi subyek I mengalami penurunan kecemasan skor 14 (kecemasan sedang) menjadi skor 9 (kecemasan ringan) dan Subyek II mengalami penurunan kecemasan dari skor 14 (kecemasan sedang) menjadi skor 6 (tidak mengalami cemas). Tingkat kemandirian kedua subyek meningkat dari tingkat kemandirian I menjadi III. Terapi musik disimpulkan menjadi teknik yang efektif untuk menurunkan kecemasan dan direkomendasikan untuk menurunkan kecemasan karena mudah dilakukan oleh siapa saja.
References
[2] M. Ali and M. Asrori, Psikologi Remaja Perkembangan Peserta Didik, vol. 12. Jakarta: PT Bumi Aksara, 2017.
[3] L. Fitria and Ifdil, “Kecemasan Remaja Pada Masa Pandemi Covid-19,” Jurnal EDUCATIO, vol. 6, 2020.
[4] E. Nurgiwiati, Terapi Alternatif dan Komplementer dalam Bidang Keperawatan. Bogor: IN MEDIA, 2015.
[5] Sulistyorini, S. Nur Hasina, I. Millah, and Faishol, “Terapi Musik Dalam Menurunkan Kecemasan Remaja Di Masa Pandemi COVID-19,” Jurnal Ilmu Keperawatan Jiwa, vol. 4, May 2021, [Online]. Available: https://journal.ppnijateng.org/index.php/jikj
[6] F. J. Supardi, I. M. Artawan, and P. D. Pakan, “Pengaruh Pemberian Terapi Musik Klasik Terhadap Tingkat Kecemasan Pasien Pre-Operasi Di RSUD Prof. Dr. W. Z. Johannes Kupang,” Cendana Medical Journal, vol. 1, 2020.
[7] S. Kusumadewi and H. Wahyuningsih, “Model Sistem Pendukung Keputusan Kelompok untuk Penilaian Gangguan Depresi, Kecemasan dan Stress Berdasarkan DASS-42,” Jurnal Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer (JTIIK), vol. Volume 7, 2020, Accessed: Jan. 13, 2022. [Online]. Available: http://jtiik.ub.ac.id/index.php/jtiik/article/view/1052
[8] J. Andriana and N. N. Prihantini, “Hubungan Tingkat Stres Dengan Indeks Massa Tubuh Pada Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Kristen Indonesia,” Jurnal Kedokteran, vol. Volume 9, Oct. 2021.
[9] S. Nurrezki, “View of Relationship Of Depression, Anxiety, And Stress With The Incidence Of Migraine Among Medical Students In Jakarta,” Damianus Journal of Medicine, 2020, Accessed: Jan. 13, 2022. [Online]. Available: http://ejournal.atmajaya.ac.id/index.php/damianus/article/view/1200/665
[10] Setyoadi and Kushariyadi, Terapi Modalittas Keperawatan pada Klien Psikogeriatrik. Jakarta: Salemba Medika, 2011.
[11] M. Saifudin and P. Wijaya, “Pengaruh Terapi Musik Klasik Terhadap Tingkat Kecemasan Remaja Putra (13-15 Tahun),” Journals Of Ners Community, vol. 7, 2016.
[12] D. Indriya R and Indri Guli, Terapi Musik Bidang Keperawatan. Jakarta: Penerbit Mitra Wacana Media, 2010.
[13] V. Agnew, Psikologi Perkembangan. Bandung: PT Refika Aditama, 2008.
[14] Dian Natalina, Terapi Musik Bidang Keperawatan. Jakarta: Penerbit Mitra Wacana Media, 2013.
[15] Siti N, Azizah, Aurelia S, R Supit, Pritartha S, and Anindita, “Musik Sebagai Intervensi Nonfarmakologik untuk Menurunkan Kecemasan pada Padien Ekstraksi Gigi,” e-GiGi, vol. Vol 9, 2021.
[16] Margiyati, M., Ainnur Rahmanti, Afifah Kurniawati, & Diska Darma Putri. (2022). IMPLEMENTASI PERMAINAN EDUKASI COVID 19 UNTUK MENURUNKAN KECEMASAN PADA ANAK SEKOLAH DI ERA PANDEMI COVID 19 IMPLEMENTATION OF COVID 19 EDUCATIONAL GAMES TO REDUCE ANXIETY IN SCHOOL CHILDREN IN THE ERA OF THE COVID 19 PANDEMIC. JURNAL FISIOTERAPI DAN ILMU KESEHATAN SISTHANA, 3(2), 15-24. https://doi.org/10.55606/jufdikes.v3i2.106