Sosialisasi dan Simulasi Pemberian Pembidaian Pada Masyarakat Pesisir di Desa Kamarian Kabupaten Seram Bagian Barat
DOI:
https://doi.org/10.55606/pkmsisthana.v4i1.221Keywords:
Sosialisasi, simulasi, pembidaian, masyarakat pesisirAbstract
Desa Kamarian merupakan salah satu desa yang terletak di Kecamatan Kairatu Kabupaten Seram Bagian Barat Provinsi Maluku masyarakatnya mayoritas tinggal di daerah pesisir yang mata pencaharian utamanya ialah sebagai nelayan dan petani hal ini dapat dapat berisiko terjadinya fraktur atau dislokasi saat melakukan aktivitas untuk menjawab permasalah tersebut maka perlu untuk meningkatkan pengetahuan masyarakat pesisir tentang Teknik pembidaian dengan cara sosialisasi dan simulasi. kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 31 Juli 2022 bertempat di Balai Desa Kamarian Kabupaten Seram Bagian Barat Provinsi Maluku. Jumlah peserta yang menghadiri kegiatan ini sebanyak 49 orang yang berasal dari masyarakat awam yang tinggal di daerah pesisir Desa Kamarian. Metode yang digunakan dalam program pengabdian masyarakat ini adalah berupa penyuluhan atau sosialisasi (ceramah) dan demonstrasi (simulasi) tentang teknik bidai dan balut. Media dan alat yang digunakan yaitu power point, LCD, speaker, Set Pembidaian, Metela, dan Perban Elastis. Setelah mendapatkan sosialisasi dan simulasi tentang pembidaian pada masyarakat pesisir terjadi kenaikan sebesar 42,9% dengan kategori baik dan 46,9% dengan kategori cukup pada masyarakat pesisir yang melakukan kegiatan sosialisasi dan simulasi pembidaian.
References
Atallah, M. A., & Fitriana, N. F. (2022). DAN KETERAMPILAN PEMBIDAIAN SISWA SMA MUHAMMADIYAH 1 PURWOKERTO. 6, 1827–1833.
Buamona, Kumaat, & Malara. (2017). Pengaruh pendidikan kesehatan terhadap tingkat pengetahuan bantuan hidup dasar ( BHD) pada kecelakaan lalu lintas pada siswa sma negeri 1 sanana kabupaten kepulauan sula maluku utara. Keperawatan, 5(1), 1–5.
Kementrian Kesehatan Republik Indonesia. (2019). Laporan Riskesdas 2018 Nasional.pdf (p. 674).
Nana Sudjana. (2010). Dasar-dasar Proses Belajar, Sinar Baru Bandung Cerdas Berhitung BSE – Nur Fajriyah, Defi Triratnawati (2010:149) Gemar Belajar Matematika, Buchori Jumadi (2011:114).
Ni Luh Putu, S. W., & Yona, S. (2021). Educational Intervention on Self Efficacy among Postoperative Fracture: A Literature Review. International Journal of Nursing and Health Services (IJNHS), 4(2), 231–242. https://doi.org/10.35654/ijnhs.v4i2.442
Pande, S., Pande, S., Parate, V., Pande, S., & Sukhsohale, N. (2014). Evaluation of retention of knowledge and skills imparted to first-year medical students through basic life support training. American Journal of Physiology - Advances in Physiology Education, 38(1), 42–45. https://doi.org/10.1152/advan.00102.2013
Platini, H., Chaidir, R., & Rahayu, U. (2020). Karakteristik Pasien Fraktur Ekstermitas Bawah. Jurnal Keperawatan ’Aisyiyah, 7(1), 49–53. https://doi.org/10.33867/jka.v7i1.166
Sukma, A. B., Susilo, C., & Ali, H. M. (2017). Pengaruh Pendidikan Kesehatan Bantuan Hidup Dasar Terhadap Kemampuan Menolong Korban Obstruksi Jalan Napas Pada Anggota Ksr Di Universitas Muhammadiyah Jember. Convention Center Di Kota Tegal, 4(80), 4.
Yunus, M., Mishra, A., Karim, H., Raphael, V., Ahmed, G., & Myrthong, C. (2015). Knowledge, attitude and practice of basic life support among junior doctors and students in a tertiary care medical institute. International Journal of Research in Medical Sciences, September 2016, 3644–3650. https://doi.org/10.18203/2320-6012.ijrms20151416
Zurimi, Kaluku, & Bumbungan. (2020). Peningkatan Pengetahuan dan Keterampilan melalui Penyuluhan dan Simulasi Bantuan Hidup Dasar pada Masyarakat Awam Pesisir di Dusun Kasuari Desa Asilulu Kecamatan Leihitu Kabupaten Maluku Tengah. 5(3), 264–269.