Literature Review : ANALISIS KEPUASAN PASIEN TERHADAP LAYANAN ADMINISTRASI DI PUSKESMAS KOTA MEDAN
DOI:
https://doi.org/10.59680/medika.v1i3.352Keywords:
kepuasaan pasien, administrasi pukesmas, pelayanan kesehatanAbstract
Puskesmas merupakan unit pelayanan kesehatan yang penting bagi masyarakat, karena puskesmas merupakan ujung tombak pelayanan kesehatan dasar. Pelayanan kesehatan merupakan subsistem pelayanan kesehatan yang memiliki tujuan utamanya untuk meningkatkan kesehatan pada individu, kelompok, keluarga ataupun masyarakat. Pelayanan ini merupakan bagian dari kegiatan administrasi yang diselenggarakan oleh pemerintah melalui badan terkait seperti pukesmas. Penulisan jurnal ini menggunakan metode literature review, yang datanya diperoleh dari database Google scholar yang dimulai dari tahun 2018 sampai dengan 2022 dengan jumlah bacaan sebanyak 14 referensi. Dari hasil penelitian yang telah dilakukan oleh sang peneliti, di dapatkan hasil bahwa permasalahan yang berhubungan dengan kepuasan pelayanan administrasi yang ada di kota Medan diantaranya: 1. hubungan responsiveness dengan kepuasan pasien BPJS, 2. hubungan empathy dengan kepuasan pasien BPJS. 3. serta hubungan asurance dengan kepuasan pasien di puskesmas kota medan pada jurnal oni dapat disimpulkan bahwa ada hubungan yang sangat berkaitan dengan kepuasan pasien di puskesmas. Petugas pelayanan Administarasi juga berperan penting dalam bersikap dan memberi informasi kepada pasien guna memenuhi kepuasan pasien. Responsive, Empathy, dan Ansurance merupakan kompnen yang dapat diperhatikan guna meningkatkan kepuasan pasien.
References
Cilvia Debi Pratiwi, A. A. (2018). HUBUNGAN KUALITAS JASA PELAYANAN KESEHATAN DENGAN KEPUASAN PASIEN DI PUSKESMAS MOPUYA KECAMATAN DUMOGA UTARA KABUPATEN BOLAANG MONGONDOW. Jurnal KESMAS.
Cynthia Sisilia Toliaso, C. K. (2018). HUBUNGAN MUTU PELAYANAN KESEHATAN DENGAN KEPUASAN PASIEN DI PUSKESMAS BAHU KOTA MANADO. Jurnal KESMAS.
Guspianto, M. E. (2023). Analisis Tingkat Kepuasan Pasien Rawat Jalan di Puskesmas Simpang IV Sipin Kota Jambi. Jurnal Kesmas Jambi.
Chinintyas, D. P., & Manalu, P. (2020). KEPUASAN PASIEN BPJS KESEHATAN PADA PELAYANAN KESEHATAN DI KLINIK HAJI MEDAN MABAR. 3(1), 1–8.
Cilvia Debi Pratiwi, Adisti A. Rumayar, C. K. F. M. (2018). Hubungan Kualitas Jasa Pelayanan Kesehatan Dengan Kepuasan Pasien Di Puskesmas Mopuya Kecamatan Dumoga Utara Kabupaten Bolaang Mongondow. Kesmas, 7(5), 1–11.
Gunawan, R., & Juanita, J. (2019). ANALYSIS OF KOTA MEDAN ’ S HEALTH SERVICE READINESS IN JKN POLICY. January.
Lubis, R. A., Putri, A. D., Ginting, T., & . D. (2020). Hubungan Mutu Pelayanan Kesehatan Dengan Kepuasan Pasien Rawat Jalan Di Puskesmas Sei Mencirim Medan Tahun 2020. Jurnal Keperawatan Dan Fisioterapi (Jkf), 3(1), 13–20. https://doi.org/10.35451/jkf.v3i1.467
Putra, S. P., & Sari, D. K. S. (2022). Pengaruh Mutu Pelayanan Administrasi Terhadap Kepuasan Pasien Igd Di Puskesmas Penimbung Tahun 2021. Nusadaya Journal of Multidiciplinary Studies, 1(1), 12–15.
Rizal, A., & Jalpi, A. (2018). Analisis Faktor Internal Penentu Kepuasan Pasien Puskesmas Kota Banjarmasin. Al Ulum Sains Dan Teknologi, 4(1), 1–6.
Taekab, A. H., Suryawati, C., & Kusumastuti, W. (2019). Analisis Persepsi Pasien terhadap Mutu Pelayanan Puskesmas dan Hubungannya dengan Kepuasan Pasien Rawat Jalan di Puskesmas Leyangan Kabupaten Semarang Tahun 2018. Jurnal Kesehatan Masyarakat (e-Journal), 7(1), 31–40.
Tawalujan, T. W., Korompis, G. E. C., Maramis, F. R. R., Kesehatan, F., Universitas, M., & Ratulangi, S. (2019). Hubungan Antara Status Akreditasi Puskesmas Dengan Tingkat Kepuasan Pasien Di Kota Manado. Kesmas, 7(5).
Toliaso, C. S., Mandagi, C. K. F., & Kolibu, F. K. (2018). HUBUNGAN MUTU PELAYANAN KESEHATAN DENGAN KEPUASAN PASIEN DI PUSKESMAS BAHU KOTA MANADO Cynthia. 7.