Hubungan Mutu Pelayanan Kesehatan dengan Kepuasan Pasien Poli Umum di Puskesmas Kecamatan Menteng

Authors

  • Muhamad Al Imran Rangga Putra Universitas Esa Unggul
  • Puteri Fannya Universitas Esa Unggul
  • Deasy Rosmala Dewi Universitas Esa Unggul
  • Muniroh Muniroh Universitas Esa Unggul

DOI:

https://doi.org/10.59680/medika.v3i2.1802

Keywords:

Reliability, Responsiveness, Guarantee, Empathy, Patient Satisfaction.

Abstract

Quality health services are healthcare services that are patient-centered, caring, and focused on meeting the needs, expectations, and values of patients. These services serve as benchmarks for healthcare delivery and must fulfill specific requirements to ensure patient satisfaction. Patient satisfaction refers to the perceived quality of healthcare services as experienced by the patient or their closest family members. Satisfaction is achieved when optimal outcomes are obtained while considering the capabilities and circumstances of the patient or family.

References

Andriani, A. (2017). Hubungan mutu pelayanan kesehatan dengan kepuasan pasien diruangan poli umum Puskesmas Bukittinggi. Jurnal Endurance, 2(1), 45.

Aprilia, A. (2021). Kepuasan pasien poli umum di Puskesmas Kenten Palembang tahun 2019. Jurnal, 13(1).

Fajriyah, A. M. (2022). Pengaruh mutu pelayanan pendaftaran terhadap kepuasan pasien rawat jalan di unit pendaftaran Rumah Sakit Sumber Waras tahun 2022.

Irmawati, S. (2017). Kualitas pelayanan kesehatan di Puskesmas Sangurara Kecamatan Tatanga Kota Palu. Jurnal Katalogis, 5(1), 188–197.

Jelina, Y. (2022). Hubungan mutu pelayanan kesehatan dengan tingkat kepuasan pasien rawat jalan di Puskesmas Lengko Ajang Kabupaten Manggarai Timur.

Pangerapan, D., & P. O. (2018). Hubungan antara mutu pelayanan dengan kepuasan pasien di poliklinik penyakit dalam Rumah Sakit Umum GMIM Pancaran Kasih Manado. JKK (Jurnal Kedokteran Klinik, 2(1), 9–18.

Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 75 Tahun 2014 tentang Pusat Kesehatan Masyarakat. (2014). PERMENKES 2014.

Rahmah, M. (2023). Hubungan kualitas pelayanan dengan tingkat kepuasan pasien di poli umum Puskesmas Guntung Manggis.

Ratnawati, L. (2015). Hubungan antara persepsi mutu pelayanan dengan tingkat kepuasan pasien KIA Puskesmas Ngesrep Kota Semarang.

Suparta Haryono, A. K. (2018). Hubungan mutu pelayanan terhadap kepuasan pasien di poli umum Puskesmas Lompoe Kota Pare-Pare. Jurnal Ilmiah Kesehatan Pencerah, 7(1), 54–63.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 36 Tahun 2009 tentang Kesehatan. (2009). UNDANG-UNDANG REPUBLIK INDONESIA TAHUN 2009, 23(1), 77–100.

Downloads

Published

2025-03-26

How to Cite

Muhamad Al Imran Rangga Putra, Puteri Fannya, Deasy Rosmala Dewi, & Muniroh Muniroh. (2025). Hubungan Mutu Pelayanan Kesehatan dengan Kepuasan Pasien Poli Umum di Puskesmas Kecamatan Menteng. Jurnal Medika Nusantara, 3(2), 49–58. https://doi.org/10.59680/medika.v3i2.1802