PENGARUH KUALITAS PELAYANAN KESEHATAN TERHADAP LOYALITAS PASIEN RAWAT INAP DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH H. ANDI SULTHAN DAENG RADJA BULUKUMBA TAHUN 2020

Authors

  • Momen Amalia Universitas Megarezky
  • Nursapriani Nursapriani Universitas Megarezky

DOI:

https://doi.org/10.55606/jufdikes.v2i2.134

Keywords:

kualitas pelayanan, loyalitas, Pasien.

Abstract

Meningkatnya status sosial dalam masyarakat pada saat ini mempengaruhi tuntutan masyarakat akan kualitas pelayanan penyedia jasa kesehatan. Hal ini menuntut para penyedia jasa pelayanan kesehatan selalu meningkatkan kualitas pelayanannya untuk lebih baik lagi. Bagi penyedia jasa kesehatan bukanlah hal yang mudah untuk dapat memberikan pelayanan serta kualitas pelayanan yang baik karena pelayanan yang diberikan oleh penyedia jasa kesehatan secara langsung dirasakan oleh pasien sehingga bila terdapat sedikit kelalaian dalam menangani pasiennya dapat berdampak buruk bagi pasien dan bagi penyedia jasa kesehatan itu sendiri Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh antara kualitas pelayanan kesehatan terhadap loyalitas pasien rawat inap di RSUD H. Andi Sulthan Daeng Radja kota Bulukumba tahun 2020. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian kuantitatif dengan pendekatan desain cross sectional. Jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 64 pasien rawat inap yang telah menjalani perawatan selama lebih dari 24 jam serta pasien dalam kondisi sadar dan dapat melakukan komunikasi dengan baik. Berdasarkan hasil uji Chi-quare pada semua kategori di peroleh nilai P= 0,001 dengan menunjukkan p < 0,05 yang berarti ada pengaruh antara Tangible, reliabilitas, ketanggapan, jaminan dan empati terhadap loyalitas pasien. Dengan demikian, maka H? diterima dan Ho di tolak yang berarti ada pengaruh antara kualitas pelayanan kesehatan terhadap Loyalitas Pasien rawat inap di Rumah Sakit Umum Daerah H. Andi Sulthan Daeng Radja Bulukumba.

References

Agus Ferial. (2014). Pengaruh dimensi kualitas pelayanan terhadap kepuasan pasien pada instalasi rawat inap rsud h. sulthan daeng radja bulukumba tahun 2014. 007001362012, 1–13.
Bagus Tuhu Hidayat, R. A., & Hufron, M. (2016). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Pasien Pengguna BPJS Dengan Kepuasan Pasien sebagai Variabel Intervening di Rawat Inap RSU Slamet RIyadi. E-Jurnal Riset Manajemen, 9(2), 10. https://doi.org/10.5151/cidi2017-060
Dewi, R. R. (2016). Pengaruh kualitas pelayanan terhadap loyalitas pasien pengguna bpjs dengan kepuasan pasien sebagai variabel. Jurnal Ekonomi Manajemn Sumber Daya, 18(2), 146–156.
Permenkes. (2018). Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 4 Tahun Tentang Kewajiban Rumah Sakit Dan Kewajiban Pasien.
Prasetyono, U. (2015).Pengaruh kualitas pelayanan terhadap loyalitas pasien dirumah sakit islam sultan agung semarang. 1-20
Sibarani, T., & Riani, A. L. (2017). The Effect of Health Service Quality and Brand Image on Patients Loyalty, With Patients Satisfaction as Mediating Variable (A Study in Vip Ward Of Prof. Dr R Soeharso Ortopedics Hospital In Surakarta). Sebelas Maret Business Review, 2(1), 25–42.
Utami, N. R. B. (2019). Pengaruh kualitas layanan pasien rawat inap terhadap loyalitas di rumah sakit sekar kamulyan dengan kepuasan sebagai variabel mediasi. 21(29).
Wahyuti, D., & Poniman, B. (2017). Pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan dan loyalitas pasien rawat inap di rsu assalam gemolong sragen. 2(1), 39–54.
Wati, L. (2018). Hubungan Antara Reliability Dan Responsiveness Dengan Loyalitas Pasien Di Ruang Rawat Inap. Jurnal Keperawatan Silampari, 2. https://doi.org/https://doi.org/10.31539/jks.v2i1.31

Downloads

Published

2020-07-11

How to Cite

Momen Amalia, & Nursapriani Nursapriani. (2020). PENGARUH KUALITAS PELAYANAN KESEHATAN TERHADAP LOYALITAS PASIEN RAWAT INAP DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH H. ANDI SULTHAN DAENG RADJA BULUKUMBA TAHUN 2020. JURNAL FISIOTERAPI DAN ILMU KESEHATAN SISTHANA, 2(2), 35–42. https://doi.org/10.55606/jufdikes.v2i2.134