HUBUNGAN PEMANFAATAN PERPUSTAKAAN DENGAN PRESTASI BELAJAR MAHASISWA D-III KEBIDANAN
DOI:
https://doi.org/10.55606/jufdikes.v3i1.125Keywords:
Perpustakaan Dan Prestasi Belajar.Abstract
Perpustakaan suatu tempat yang berisi kumpulan buku-buku maupun bukan buku (non book material) yang diorganisasi secara sistematis dalam suatu ruang sehingga dapat digunakan untuk membaca, mencari bahan pelajaran, hiburan dan dosen juga dapat menggunakan sebagai penunjang proses belajar mengajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan pemanfaatan perpustakaan terhadap prestasi belajar mahasiswa di D-III Kebidanan STIKes Fatimah Mamuju. Metode penelitian yang di gunakan adalah cross secsional study dengan jumlah populasi 232 Mahasiswa dan sampel 70 mahasiswa yang di ambil secara acidental. Dari hasil analisis univariat pada pemanfaatan perpustakaan mendapatkan hasil ya sebanyak 39 orang (55,7%) dan yang mendapatan hasil tidak sebanyak 31 orang (44,3%) sedangkan pada prestasi belajar yang mendapatkan hasil baik sebanyak 43 orang (61,4%) dan yang kurang dalam prestasi belajar sebanyak 27 orang (38,8%). Hasil penelitian dengan Uji korelasi produck moment test pada Variabel pemanfaatan perpustakaan di peroleh nilai p (0.000) artinya ada hubungan antara pemanfaatan perpustakaan dengan prestasi belajar mahasiswa D-III kebidanan STIKes Fatimah Mamuju tahun 2019. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan di prodi D III Kebidanan STIKes Fatimah Mamuju terdapat hubungan antara pemanfaatan perpustakaan dengan prestasi belajar mahasiswa. Diharapkan kepada mahasiswa di prodi D III Kebidanan STIKes Fatimah Mamuju untuk memanfaatkan perpustakaan dengan sebaik-baiknya sehingga lebih mudah untuk mencapai prestasi yang lebih baik.
References
Fahrizandi, F. (2020). Pemanfaatan Teknologi Informasi di Perpustakaan. Tik Ilmeu?: Jurnal Ilmu Perpustakaan Dan Informasi, 4(1), 63. https://doi.org/10.29240/tik.v4i1.1160
Hadiapurwa, A., Novian, R. M., & Harahap, N. (2021). Pemanfaatan Perpustakaan Digital Sebagai Sumber Belajar Elektronik Pada Masa Pandemi COVID-19 Di Tingkat SMA. Jurnal Penelitian Pendidikan, 21(2), 36–48. https://doi.org/10.17509/jpp.v21i2.38526
Suharso, P., Arifiyana, I. P., & Wasdiana, D. (2020). Available Online at?: http://ejournal.undip.ac.id/index.php/anuva Layanan Perpustakaan Perguruan Tinggi dalam Menghadapi Abstrak. Anuva, 4(2), 271–286.
Suksesty, C. E., Huliatunisa, Y., Wiliana, E., & Nurwahyuningsih, S. (2018). Hubungan Pemanfaatan Perpustakaan Dengan Prestasi Belajar Mahasiswa Semester Iv Prodi D-Iii Kebidanan Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Tangerang Tahun Akademik 2016/2017. Jurnal JKFT, 3(2), 91. https://doi.org/10.31000/jkft.v3i2.1290
Sumarni, R., Idjradinata, P. S., Husein, I. R., Husin, F., Madjid, T. H., & Sukandar, H. (2017). Pengaruh Implementasi Metode Problem Based Learningterhadap Hasil Belajar MateriKeluarga Berencana (Dalam Mata Kuliah Kesehatan Reproduksi dan KeluargaBerencana I pada Program Studi Kebidanan (D-III) STIKes Jenderal Achmad Yani Cimahi TA.2014/2015). Jurnal Pendidikan Dan Pelayanan Kebidanan Indonesia, 3(2), 23. https://doi.org/10.24198/ijemc.v3i2.17