Tingkat Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Kefarmasian di Apotek Parviz Kota Palangka Raya

Authors

  • Rezqi Handayani Universitas Muhammadiyah Palangkaraya
  • Anggriani Pramudita Universitas Muhammadiyah Palangkaraya
  • Husna Fauzia Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

DOI:

https://doi.org/10.59680/anestesi.v2i3.1225

Keywords:

Apotek Parviz, Pharmaceutical Services, Satisfaction Level

Abstract

Pharmaceutical services involve direct and responsible care for patients related to pharmaceutical preparations, aiming to achieve definite results that enhance patients' quality of life. One indicator of healthcare quality is measuring user satisfaction. Apotek Parviz provides pharmaceutical services to the surrounding community, offering dual healthcare services—doctor diagnosis and pharmaceutical care—thus improving the health and quality of life for residents of Palangka Raya City. This study aims to determine patient satisfaction levels with pharmaceutical services at Apotek Parviz in Palangka Raya City, based on five dimensions: tangibility, reliability, responsiveness, assurance, and empathy. This descriptive study used a questionnaire with a sample size of 86 respondents selected through accidental sampling. The research results showed that the satisfaction percentages for each dimension were: 87.43% for tangibility, 81.16% for reliability, 83.25% for responsiveness, 84.49% for assurance, and 83.25% for empathy. The overall average satisfaction across the five dimensions, according to the Likert scale, was 84.18%, indicating that patients are very satisfied with the pharmaceutical services at Apotek Parviz in Palangka Raya City.

References

Abdullah, R.S. 2016. Penilaian Autentik. Bumi Aksara: Jakarta.

Arikunto, S. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Rineka Cipta: Jakarta.

Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta: Jakarta.

Azwar, S. 2007. Metode Penelitian. Pustaka Belajar: Yogyakarta.

Azwar, S. 2009. Metode Penelitian. Pustaka Pelajar: Yogyakarta.

Bertawati. 2013. Profil Pelayanan Kefarmasian Dan Kepuasan Konsumen Apotik Di Kecamatan Adiwerna Kota Tegal. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Universitas Surabaya. 2(2):1-11.

Daulay, M.A. 2015. Tingkat Kepuasan Pasien Rawat Jalan Peserta BPJS Kesehatan Terhadap Pelayanan Kefarmasian di Dua Puskesmas di Kota Medan. Skripsi. Fakultas Farmasi, Universitas Sumatera Utara.

Departemen Kesehatan Republik Indonesia. 2004. Keputusan Menteri Kesehatan Nomor 1027/Menkes/SK/IX/2004 tentang Standar Pelayanan Kefarmasian di Apotek. Jakarta.

Departemen Kesehatan Republik Indonesia. 2009. Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 51 Tahun 2009 tentang Pekerjaan Kefarmasian. Jakarta.

Departemen Kesehatan Republik Indonesia. 2016. Peraturan Menteri Kesehatan Indonesia Nomor 73 tentang Standar Pelayananan Kefarmasian di Apotek. Jakarta.

Departemen Kesehatan Republik Indonesia. 2017. Peraturan Menteri Kesehatan Indonesia Nomor 9 tentang Apotek. Jakarta.

Fadhilatul, I. 2017. Tingkat Kepuasan Pelayanan Kefarmasian Di Apotek Buring Farma Kota Malang. Karya Tulis Ilmiah. Akademi Farmasi Putra Indonesia, Malang.

Fitri, E.T.Y dan Setya . H. 2013. Analisis Kepuasan Berdasarkan Persepsi dan Harapan Pasien di Puskesmas Medokan Ayu Surabaya. Jurnal Administarasi Kesehatan Indonesia. 1(1):14-25

Husein, U. 2010. Metode Penelitian Untuk Skripsi dan Tesis Bisnis, Edisi II. PT. Raja Grafindo Persada: Jakarta.

Kotler, Philp. 2005. Manajemen Pemasaran. Indeks: Jakarta.

Lolo, W.A. 2020. Farmasi Komunitas. Lakeisha: Jateng.

Misnaniarti. 2017. Analisis Situasi Penduduk Lanjut Usia Dan Upaya Peningkatan Kesejahteraan Sosial Di Indonesia. Jurnal Ilmu Kesehatan Masyarakat. 8(2):1-15.

Notoatmodjo, S. 2006. Metodologi Penelitian. Rineka Cipta: Jakarta.

Pohan, I. 2006. Jaminan Mutu Layanan Kesehatan Dasar-dasar Pengertian dan Penerapan. EGC: Jakarta.

Rahma, R.Y. 2019. Tingkat Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Obat Tanpa Resep Oleh Tenaga Teknis Kefarmasian Di Apotek K-24 Caruban. Skripsi. Universitas Katolik Widya Mandala, Madiun.

Setiadi. 2013. Konsep dan Praktek Penulisan Riset Keperawatan, Edisi 2. Graha Ilmu: Yogyakarta.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Alfabeta: Bandung.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Alfabeta: Bandung.

Supranto, J. 2011. Pengukuran Tingkat Kepuasan Pelanggan untuk Menaikkan Pangsa Pasar (Cetakan Keempat). PT. Rineka Cipta: Jakarta.

Sutrisna. 2008. Tingkat Kepuasan Pasien Rawat Jalan Terhadap Kualitas Pelayanan Di Apotek Instalasi Farmasi Rumah Sakit Umum Daerah Sragen. Pharmacon. 9(2):57-67.

Tjiptono, Fandy. 2007. Strategi Pemasaran, Edisi Kedua. Andi: Yogyakarta.

Utami, N. D. 2015. Pengaruh Kualitas Produk, Pelayanan, Harga dan Lokasi terhadap Loyalitas dengan Kepuasan sebagai Variabel Intervening. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen. 4(5):5-12.

Wijono, D. 2000. Menejemen Mutu Pelayanan Kesehatan Teori, Strategi, dan Aplikasi. Airlangga University Press: Surabaya.

Published

2024-07-09

How to Cite

Handayani, R., Anggriani Pramudita, & Fauzia, H. (2024). Tingkat Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Kefarmasian di Apotek Parviz Kota Palangka Raya. Jurnal Anestesi, 2(3), 207–218. https://doi.org/10.59680/anestesi.v2i3.1225

Similar Articles

<< < 1 2 3 4 5 6 

You may also start an advanced similarity search for this article.