SOSIALISASI STANDAR OPRASIONAL PROSEDUR (SOP) TANGGAP DARURAT DALAM MANAJEMEN BENCANA DI SEKOLAH

Authors

  • Ida Ida

DOI:

https://doi.org/10.55606/pkmsisthana.v4i2.128

Keywords:

Bencana, Manajemen, Sosialisasi, Standar Oprasional Prosedur, Sekolah

Abstract

Abstrak

Bencana tanah longsor dapat mengakibatkan ancaman serius bagi masyarakat yang dapat menjadi situasi darurat bencana. Situasi darurat bencana ialah suatu peristiwa atau serangkaian peristiwa yang telah mengakibatkan ancaman yang kritis terhadap kesehatan, keselamatan, keamanan atau kesejahteraan suatu masyarakat atau sekelompok besar orang. Salah satu wilayah dengan resiko tinggi bencana tanah longsor adalah Desa pernah terjadi bencana tanah longsor dan pada tahun 2018 yang menimbulkan kerugian mulai dari kerusakan infrastruktur, kehilangan aset, beban psikis pasca bencana, korban luka-luka bahkan merenggut korban jiwa. Fasilitas sekolah atau sarana Pendidikan juga mengalami kerusakan sehingga mengganggu proses pembelajaran terhadap siswanya. Kegiatan ini melibatkan Siswa remaja dengan tujuan untuk mengoptimalkan pengetahuan dan pemahaman remaja Sirnaresmi dalam menghadapi bencana longsor dan mengoptimalkan pengetahuan dan pemahaman Standar Oprasional Prosedur (SOP) Manajemen Bencana Dalam Kesiapsiagaan Remaja Menghadapi Bencana Tanah Longsor. Metode yang digunakan yaitu Sosialisasi SOP Tanggap Darurat Dalam Manajemen Bencana Di Sekolah daerah rawan bencana Desa Sirnaresmi Kabupaten Sukabumi. Hasil penelitian adanya peningkatan pengetahuan dan pemahaman tentang SOP tanggap darurat dalam manajemen bencana pada remaja di Sirnaresmi.

References

Akbar, M. (2019). Kesiapsiagaan Masyarakat Dalam Menghadapi Bencana Longsor Di Desa Tabbanjai Kecamatan Tombolopao Kabupaten Gowa. Alauddin Makasar, 8(5), 55.
Andini, N. F. (2019). Hubungan Pengetahuan Dengan Kesiapsiagaan Bencana Longsor Pada Remaja Di Kelurahan Bukik Cangang Kota Bukittinggi. Jurnal Ilmu Pendidikan Ahlussunnah, 2(2), 13–20.
A’yun, M. Q., Tentama, F., & Situmorang, N. Z. (2018). Gambaran Subjective Well Being pada Remaja Perempuan di Pondok Pesantren. Eprints Universitas Ahmad Dahlan, 1–7.
Budihardjo,M. (2014). Panduan Praktis Menyusun SOP . Jakarta: Raih Asa Sukses.
BNPB. (2013). Buku Pedoman Latihan Kesiapsiagaan Bencana.
BNPB. (2015). Risiko Bencana Indonesia.
BNPB. (2008). Pedoman Rekontruksi Pasca Bencana.
Fajarini, Y. I., & Abdullah, A. A. (2018). Perangkat Kesiapsiagaan Bencana Untuk Wanita Hamil dan Pasca Melahirkan. Indonesian Journal of Nursing Practice, 2(2), 90–95.
Fatiatun, Firdaus, Jumini, S., & Adi, N. P. (2019). Analisis Bencana Tanah Longsor Serta Mitigasinya. Spektra?: Jurnal Kajian Pendidikan Sains, 5(2), 134–139.
Heryana, A. (2020). Pengertian dan Jenis Bencana. Research Gate, 1–8.
Hidayah, N., & Palila, S. (2018). Kesiapan Menghadapi Menarche pada Remaja Putri Prapubertas Ditinjau dari Kelekatan Aman Anak dan Ibu. PSYMPATHIC?: Jurnal Ilmiah Psikologi, 5(1), 107–114.
Data Informasi Bencana Indonesia http://dibi.bnpb.go.id/dibi/ di akses 20 Desember 2021
Jones, P. (2010). Pengantar Teori-teori Sosial: Dari Teori Fungsionalisme hingga Post-modernisme (A.F. Saifuddin, Trans.). Yayasan Pustaka Obor Indonesia. (Karya asli diterbitkan 2003)
Kamsatun, Meitya, & Sukarni. (2021). Edukasi Masyarakat Sehat Sejahtera ( EMaSS )?: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 1–4.
Lembong Mibah, Jakfar Puteh, 2012, Dasar-Dasar Pengembangan Masyarakat Islam, Banda Aceh: Arraniry Press.
Lambang Trijono,2007,Pembangunan sebagai perdamaian, Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.

Mohammad Teja. (2021). Kesiapsiagaan Masyarakat Terhadap Kelompok Rentan Dalam Menghadapi Bencana Alam Di Lombok. Info Singkat, 10(17), 1–16.
Muis, I., & Anwar, K. (2018). Model Kesiapsiagaan Masyarakat dalam Pengurangan Risiko Bencana Tanah Longsor di Desa Tugumukti, Kecamatan Cisarua Kabupaten Bandung Barat. Asian Social Work Journal, 3(4), 19–30.
Rakhmat, J. (2012). Psikologi Komunikasi. Remaja Rosdakarya.
Riska, H. A., & Krisnatuti, D. (2017). Self-Esteem Remaja Perempuan Dan Kaitannya Dengan Pengasuhan Penerimaan-Penolakan Ibu Dan Interaksi Saudara Kandung. Jurnal Ilmu Keluarga Dan Konsumen, 10(1), 24–35.
Hidayah, N., & Palila, S. (2018). Kesiapan Menghadapi Menarche pada Remaja Putri Prapubertas Ditinjau dari Kelekatan Aman Anak dan Ibu. PSYMPATHIC?: Jurnal Ilmiah Psikologi, 5(1), 107–114.
Sholikah, S. N. H., Prambudi, S. K. N., Effendi, M. Y., Safira, L., Alwinda, N., & Setiaji, R. (2021). Analisis Kesiapsiagaan dan Mitigasi Bencana Tanah Longsor di Kabupaten Ponorogo. JPIG (Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Geografi), 6(1), 81–90.
Syaiful Bahri Djamarh dan Aswan Zain,2010, Strategi Belajar Mengajar, Jakarta:
Rineka Cibta.
Tathagati,A. (2014). Step by step membuat SOP. Jakarta: Efata Publishing
Ulum M.Chazienul, 2014, Manajemen Bencana, Malang: Universitas Brawijaya Press.
Yusuf, A. (2012). Kinerja Sistem Drainase Yang Berkelanjutan Patisipasi Masyarakat.
BIRO PERENCANAAN DAN KERJASAMA LUAR NEGERI SEKRETARIAT JENDERAL KEMENDIKBUD JAKARTA, 2015

Downloads

Published

2022-10-17

How to Cite

Ida, I. (2022). SOSIALISASI STANDAR OPRASIONAL PROSEDUR (SOP) TANGGAP DARURAT DALAM MANAJEMEN BENCANA DI SEKOLAH. JURNAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT SISTHANA, 4(2), 46–52. https://doi.org/10.55606/pkmsisthana.v4i2.128