PENERAPAN TERAPI RELAKSASI OTOT PROGRESIF UNTUK MENURUNKAN TEKANAN DARAH PADA LANSIA DENGAN HIPERTENSI DI KELUARGA WILAYAH BINAAN PUSKESMAS PEGANDAN SEMARANG

Authors

  • Margiyati Margiyati STIKES Kesdam IV/Diponegoro Semarang
  • Agus Setiawan STIKES Kesdam IV/Diponegoro Semarang

DOI:

https://doi.org/10.55606/jufdikes.v5i1.182

Abstract

ABSTRAK

Hipertensi adalah suatu kondisi medis yang kronis di mana nilai sistolik >140 mmHg dan nilai sistolik >90 mmHg.  Peraan perawat untuk mengatasi hipertensi dengan memberikan perawatan farmakologi dan non farmakologi. Salah satu dari terapi non farmakologi  untuk menurunkan  tekanan darah tinggi pada lansia dengan hipertensi adalah terapi relaksasi otot progresif. Tujuan studi kasus ini adalah untuk menggambarkan penerapan terapi relaksasi otot progresif untuk menurunkan tekanan darah pada lansia dengan hipertensi. Jenis penelitian ini adalah deskriptif dengan menggunakan metode pendekatan kasus. Subyek yang digunakan dua responden dengan kriteria lansia berusia 60-75 tahun, hipertensi grade I antara 140/90 mmHg sampai 159/99 mmHg, lansia tidak menjalani perawatan tirah baring, lansia yang bersedia menjadi responden dalam penelitian. Analisa studi kasus dilakukan secara deskriptif dengan metode studi kasus. Hasil studi kasus menunjukkan perubahan penurunan yang signifikan dari terapi relaksasi otot progresif terhadap tekanan darah pada lansia dengan hipertensi, dibuktikan pada penurunan sistole dan diastole pada kedua subjek. Subjek I selama 6 hari  terjadi penurunan pada sistole sebanyak 7 mmHg dan diastole sebanyak 26 mmHg. Pada subjek II terjadi penurunan sistole sebanyak 10 mmHg dan diastole sebanyak 9 mmHg. Kesimpulan bahwa terjadi penurunan tekanan darah pada lansia dengan hipertensi pada kedua subjek studi kasus yang cukup signifikan dalam menggambarkan penerapan terapi relaksasi otot progresif pada lansia yang mengalami hipertensi dan terapi relaksasi otot progresif direkomendasikan untuk menurunkan tekanan darah pada lansia dengan hipertensi. Tingkat kemandirian pada kedua subjek mengalamai peningkatan yaitu dari tingkat kemandirian I menjadi tingkat kemandirian II karena lansia dapat memahami hipertensi pada lansia, memberikan dukungan saat terapi dan bersedia melanjutkan terapi relaksasi otot progresif secara mandiri.

Author Biography

Agus Setiawan, STIKES Kesdam IV/Diponegoro Semarang

D III Keperawatan

References

Luh Putu Ekarini , Ni, Herati, Raden Siti Maryam. Pengaruh Terapi Relaksasi Otot Progresif Terhadap Respon Fisiologis Pasien Hipertensi .J. Kesehatan. 2019;10(1).

Trisnawati, Elly dan Ikhlas M Jenie. Terapi Komplementer Terhadap Tekanan Darah Pada Penderita Hipertensi. J. Keperawatan Respati Yogyakarta. 2019;6(3):641-648.

Badriyah, DN. Pengaruh jahe Putih terhadap Penurunan Tekanan Darah Pada Lansia Dengan Hipertensi Di Desa Padang Jaya Kec. Majenang Kabupaten Cilacap Tahun 2020. (diunduh pada 6 januari 2022 Tersedia dari: http:respiratori.unigal.ac.id:8080/handle/123456789/788)

Putri Fatmasari, Annisa dan Widya Harry Cahyati. Karakter Demografi Terkait Komplikasi Pasa Penderita Hiertensi Di Semarang. Jurnal Kesehatan Fakultas Kesehatan Udinus. 2021;20(2)

Supriadi. 2020. “Peran Perawat Dalam Penanganan Hipertensi (Tekanan Darah Tinggi)”. https://stikeshamzar.ac.id/informasi/artikel/peran-perawat-dalam-penanganan-hipertensi-tekanan-darah-tinggi/, diakses pada 6 Januari 2022)

unaedi, Edi, Sufrida Yulianti dan Mira Gustia Rinata. 2013. Hipertensi Kandas Berkat Herbal. Jakarta :FMedia

Manuntun, Alfeus. Terapi Perilaku Kognitif Pada Pasien Hipertensi. Malang : Wineka Media; 2018

Dr. Sandu Siyoto, SKM. MK. DASAR METODOLOGI PENELITIAN. Yogyakarta: Literasi Media Publishing; 2015.

Nursalam. Metode Penelitian Ilmu Keperawatan : Pendekatan Praktis edisi 3. Salemba Medika;2013

Chrisna Tibias, Brahmantio, Kiswati dan Said Mardijanto. Hubungan Pengetahuan Tentag Hipertensi Dengan Perilaku Lansia Dalam Pencegahan Di Posyandu Lansia Desa Tegal Wangi Kecamatan Umbulsari Kabupaten Jember. J Kesehatan.2018;3(2)

Harnilawati, S.Kep. N. konsep dan proses keperawatan keluarga. Tarakan Sulawesi Selatan: pustaka as salam; 2013.

Sabrina, Binti, Henry Setyawan Susanto dan Mateus Sakundarno Adi. Faktor Lingkungan Sosial Yang Berhubungan Dengan Tingkat Kepatuhan Terapi Penderita Hipertensi Primer Dipuskesmas Kedung Mundu Kota Semarang. J. Kesehatan Masyarakat. 2015;3(3)

Sari Hopaya, Melida. Hubungan Antara Kepatuhan Kontrol Pasien Hipertensi Dengan Penurunan Tekanan Darah Di Puskesmas Ngampilan Yogyakarta. 2016. [Skripsi].

Kodir Kodir, Margiyati Margiyati, Tria Friska Ningrum, & Dita Amalia. (2020). PENGARUH KOMBINASI TERAPI RELAKSASI PROGRESIF & MUSIK KERONCONG TERHADAP INSOMNIA PADA LANSIA DI POSYANDU SETYA MANUNGGAL III KABUPATEN SEMARANG: THE EFFECT OF COMBINATION OF PROGRESSIVE RELAXATION THERAPY & KERONCONG MUSIC ON INSOMNIA IN THE ELDERLY AT POSYANDU SETYA MANUNGGAL III, SEMARANG REGENCY. JURNAL KEPERAWATAN SISTHANA, 5(2), 46–51. https://doi.org/10.55606/sisthana.v5i2.67

Dita Amalia Lutfiana, & Margiyati Margiyati. (2021). PENERAPAN TERAPI BEKAM KERING DALAM MENURUNKAN TEKANAN DARAH PADA LANSIA DENGAN HIPERTENSI DI WILAYAH BINAAN PUSKESMAS ROWOSARI SEMARANG: APPLICATION OF DRY CUPPING THERAPY IN REDUCING BLOOD PRESSURE IN THE ELDERLY WITH HYPERTENSION IN AREA PUSKESMAS ROWOSARI SEMARANG. JURNAL KEPERAWATAN SISTHANA, 6(2), 61–70. https://doi.org/10.55606/sisthana.v6i2.79

Downloads

Published

2023-01-20

How to Cite

Margiyati Margiyati, & Setiawan, A. (2023). PENERAPAN TERAPI RELAKSASI OTOT PROGRESIF UNTUK MENURUNKAN TEKANAN DARAH PADA LANSIA DENGAN HIPERTENSI DI KELUARGA WILAYAH BINAAN PUSKESMAS PEGANDAN SEMARANG. JURNAL FISIOTERAPI DAN ILMU KESEHATAN SISTHANA, 5(1), 27–33. https://doi.org/10.55606/jufdikes.v5i1.182